Macam-macam Layanan Cloud Computing



Gambar diambil dari sini.

Seperti halnya sebuah layanan, Cloud Computing biasanya juga memiiliki range layanan tertentu yang dapt dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tulisan ini akan membahas mengenai jenis-jenis atau service model dari layanan cloud secara umum. Layanan cloud sering dikategorikan ke dalam 3 model, yaitu:
  • Infrastructure-as-a-Service (IaaS)
  • Platform-as-a-Service (PaaS)
  • Software-as-a-Service (SaaS)

1. PAAS (Platform as a Service)

Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang telah dibuat. PaaS adalah layanan dari Cloud Computing, ibarat kita bisa menyewa “rumah” berikut lingkungannya, untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Pelanggan tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang dibuat dapat berjalan dengan baik. Pemeliharaan “rumah” ini (sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dll) menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan. Sebagai analogi, misalkan ingin menyewa kamar hotel, kita tinggal tidur di kamar yang sudah disewa, tanpa peduli bagaimana “perawatan” dari kamar dan lingkungan kamar. Yang terpenting adalah, suasananya nyaman untuk digunakan. Jika suatu saat dibuat tidak nyaman, maka pelanggan dapat pindah ke hotel lain yang lebih bagus layanannya. Keuntungan dari PaaS bagi pengembang dapat fokus pada aplikasi yang sedang dikembangkan tanpa harus memikirkan “rumah” untuk aplikasi, dikarenakan hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab cloud provider.

Contoh penyedia layanan PaaS:

Windows Azure

windows-azure
Windows Azure adalah sistem operasi yang berbasis komputasi awan, dibuat oleh Microsoft untuk mengembangkan dan mengatur aplikasi serta melayani sebuah jaringan global dari Microsoft Data Centers. Windows Azure yang mendukung berbagai macam bahasa dan alat pemograman. Sistem operasi ini dirilis pada 1 Februari 2010.
Fitur-fitur Windows Azure
  • Layanan Infrastruktur :Windows Azure menyediakan infrastruktur dengan skala yang sesuai dengan kebutuhan. Baik dalam membuat aplikasi baru atau menjalankan aplikasi yang telah disediakan.
  • Kembangkan dan Lakukan Percobaan: Windows Azure memungkinkan pengguna untuk melakukan pengembangan aplikasi dan langsung melakukan percobaan pada aplikasi tersebut secara cepat.
  • Big Data: Windows Azure menyediakan kapasitas data yang besar. Kapasitas ini didukung oleh Apache Hadoop, dsb.

Heroku

heroku
Heroku adalah sebuah cloud platform yang menjalankan bahasa pemrograman tertentu, Heroku mendukung bahasa pemrograman seperti Ruby, Node.js, Python, Java, dan PHP.
Manfaat  menggunakan Heroku adalah layanannya yaitu menjalankan script app langsung tanpa memerlukan setting yang sangat rumit. memungkinkan pengembang aplikasi menghabiskan 100% dari waktu mereka untuk kode aplikasi mereka,sehingga  tidak mengelola server, penyebaran, operasi yang sedang berlangsung, atau scaling.
Layanan yang memungkinkan pengguna bisa menyewa “alat” beserta komponen pelengkapnya (sistem operasi, network, database engine, framework, dan sebagainya) untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Oleh karena itu, pelanggan tidak perlu repot untuk menyiapkan “alat” dan melakukan pemeliharaan yang sudah menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan.
Harga Heroku didasarkan pada sumber daya yang kita gunakan. Skala dynos yang kita gunakan, pilih database, dan penggunaan Add-ons. Apa pun yang kita butuhkan.
Fitur yang disediakan : Add-ons,Buildpacks,konfigurasi,git Deploy, Heroku Fork,  Pers.

Engine Yard

engineyard
Penyedia PaaS ini sudah mempunyai banyak client yang artinya mereka sudah terpercaya dengan track record yang baik dalam sektor PaaS. Salah satu alasan mengapa mereka sukses karena menggunakan model company tailors yang dapat membuat pengguna lebih leluasa dalam mengelola resources. Ini solusi yang bagus dibanding opsi lainnya. Slogan mereka adalah “Kami membantu, mengoptimasi dan memelihara teknologi yang pre-integrated, pre-tested untuk aplikasi PHP, Ruby, Node.js, dan aplikasi server, yang dihosting, dan menggunakan database lokal. Dan tersedia fitur monitoring yang built-in dan manajemen proses, juga mengoptimasi distribusi Linux dan masih banyak lainnnya”
Mereka mempunyai dukungan untuk AWS dan Azure untuk distribusi, yang mampu menutup porsi besar dalam pasar. Salah satu keuntungan mereka adalah dapat menjalankan environmentnya sendiri, sehingga resources pembaca tidak akan berdampak pada aplikasi lain.
Google App Engine
a
App Engine merupakan platform yang memungkinkan pengembang untuk membuat dan menjalankan aplikasi-aplikasi web dengan fasilitas hosting di server Google. Versi gratis dari platform ini memiliki kapasitas penyimpanan 500 MB dan kapasitas CPU dan lebar pita (bandwidth) yang cukup untuk 5 juta page-view setiap bulannya. Saat diluncurkan, bahasa pemrograman yang mendukung adalah Python. Versi terbatas dari web framework Django juga tersedia. Demikian halnya dengan framework aplikasi Google yang fungsinya sama dengan JSP atau ASP.NETGoogle App Engine mendukung aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrogaman. Dengan lingkungan runtime Java App Engine, pengguna dapat membangun aplikasi yang menggunakan standar teknologi Java, termasuk JVM, Java servlet, dan bahasa pemrograman Java atau bahasa lainnya menggunakan JVM-based atau compiler, seperti JavaScript atau Ruby. App Engine juga menyediakan lingkungan runtime khusus Python, yang mencakup bahasa Python dan perpustakaan standar (standard library) Python. Java dan lingkungan runtime Python dibangun untuk memastikan bahwa aplikasi yang dibangun dapat berjalan cepat, aman, dan tanpa gangguan dari aplikasi lain pada sistem.

2. IAAS ( Infrastructure as a  Service)

IaaS adalah sebuah model layanan dimana penyedia cloud menyediakan hardware / perangkat keras (komputer server, penyimpanan data, jaringan, dll) untuk pelanggan. Manajemen perangkat keras menjadi tanggung jawab penyedia layanan, dan pelanggan mengontrol operating system serta aplikasi yang diinstal ke dalam server. IaaS adalah layanan dari Cloud Computing sewaktu kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (unit komputasi, storage, memory, network, dsb). Dapat didefinisikan berapa besar unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage), memory (RAM), bandwidth , dan konfigurasi lainnya yang akan disewa. Untuk lebih mudahnya, layanan IaaS ini adalah seperti menyewa komputer yang masih kosong. Kita sendiri yang mengkonfigurasi komputer ini untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan kita dan bisa kita install sistem operasi dan aplikasi apapun diatasnya.Keuntungan dari IaaS ini adalah kita tidak perlu membeli komputer fisik, dan konfigurasi komputer virtual tersebut dapat diubah (scale up/scale down) dengan mudah. Sebagai contoh, saat komputer virtual tersebut sudah kelebihan beban, kita bisa tambahkan CPU, RAM, Storage, dsb. dengan segera.

Contoh penyedia layanan IaaS :

Telkom cloud

d.jpg
TelkomCloud adalah layanan yang menyediakan IT Resources Service (Computing, Storage & Network) dan Application Services dengan menggunakan teknologi virtualisasi berbasis cloud computing (on-demand, rapid elasticity, & fast deployment) yang akan meningkatkan akselerasi bisnis pelanggan.
Amazon EC2
e1.jpg
e2.jpg
Amazon EC2 merupakan layanan IaaS dari AWS.Dengan menggunakan layanan ini, maka akan  mendapatkan seperangkat server yang  konfigurasinya dapat ditentukan sendiri, tergantung kebutuhan dan budget. Amazon EC2 memiliki berbagai macam spesifikasi server yang bisa dipilih. Kemudian, sesuai asas cloud computing dimana sebuah layanan bisa dimodifikasi sewaktu-waktu, maka Amazon EC2 pun demikian. Kita dapat melakukan upgrade atau downgrade sewaktu-waktu.
Perhitungan biaya pada Amazon EC2 juga menganut faham pay-per-use. Hitungan yang digunakan adalah dengan satuan jam. Misalnya kita menggunakan selama sebulan, maka hitungan kasarnya akan dihitung selama 750 jam.

BIZNET “GIO CLOUD”

biznet
Pada tanggal 22 September 2014, PT. Biznet GIO Nusantara atau Biznet GIO, sebuah joint venture antara Biznet Networks dan Internet Iniatiative Japan Inc, secara resmi memperkenalkan GioCloud dan Gio Enterprise Cloud, yang merupakan layanan public cloud berjenis IaaS yang elastis, menawarkan skema bayar per jam penggunaan, yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.
Layanan di mana kita dapat menyimpan dan mengakses data secara aman melalui internet bukan hard drive komputer (elastis), dan juga GIO cloud menyediakan pengembahan aplikasi web, eksekusi platform sebagai bagian dari platform as a service dan masih banyak layanan yang dapat di gunakan.
Daya saing Biznet GIO Cloud terletak pada kemampuannya menggabungkan keunggulan jaringan, pusat data, dan infrastruktur Biznet Networks (memiliki dan mengoperasikan jaringan Fiber Optic tercanggih dan data center terbesar di Indonesia) serta kepiawaian Internet Initiative Japan Inc (IIJ adalah perusahaan terdepan di Jepang dalam layanan cloud).

Softlayer

softlayer
SoftLayer sebuah perusahaan anak IBM, menyediakan infrastruktur cloud dan menjualnya sebagai jasa penggunaan jaringannya data-center yang terus berkembang dan tersebar di seluruh dunia.
SoftLayer menyediakan cloud yang sangat cepat untuk data yang sangat besar, jasa marketing digital, e-commerce, jasa gaming, cloud pribadi, dan hosting untuk reseller.
SoftLayer merupakan salah satu perusahaan pioneer dalam menggunakan integrasi network-within-a-network untuk akses data yang sangat cepat dan tentunya aman. Jaringan tersebut merupakan jaringan global dan kita sebagai pelanggan bisa mengubahsuai penggunaan firewall dan banyak opsi keamanan lainnya.
Jasa dari Softlayer  beberapa diantaranya adalah Cloud Server dan Cloud Storage.

Rackspace Cloud

rackspace
Rackspace merupakan perusahaan yang menyediakan layanan terbaru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya. Rackspace menggunakan teknologi OpenStrack yang memberikan layanan cloud lebih berkualitas. Cloud merupakan  salah satu bagian dari proses pengembangan bisnis. Bagi perusahaan pastinya mereka ingin menggunakan teknologi terbaik untuk membantu proses bisnis yang dijalankannya.
Jadi, cloud atau koneksi internet menjadikan kita jauh lebih mudah dalam pengembangan bisnis. Banyaknya pengguna layanan cloud saat ini menjadikan perusahaan co-founder Rackspace cloud memberikan layanan terbaru yang jauh lebih sempurna dari layanan yang diberikan sebelumnya. Kita bisa melihat bagaimana perkembangan teknologi yang digunakan masing-masing perusahaan dan semua itu memang banyak menggunakan basis internet. Rackspase terus meningkatkan rackspase cloud dengan meningkatkan basis layanan seperti halnya database, storage dan juga jaringan.
Contoh lain : Penyedia layanan hosting (Neohoster, GoDaddy, dll), vCloud Express Services (misalnya BlueLock, Hosting.Com, Melboure IT, Terremark), Private cloud yang di-deploy dan di-manage oleh sebuah departemen IT sebagai layanan kepada bisnis unit lainnya (pelanggan di dalam sebuah organisasi), Azure Service dengan VM Role.

3. SAAS (Software as a Service)

SaaS adalah layanan dari Cloud Computing dimana pelanggan dapat menggunakan software (perangkat lunak) yang telah disediakan oleh cloud provider. Pelanggan cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik.Keuntungan dari SaaS ini adalah kita tidak perlu membeli lisensi software lagi. Kita tinggal berlangganan ke cloud provider dan tinggal membayar berdasarkan pemakaian.

Contoh penyedia layanan SaaS:

Google Docs 




Google Docs adalah salah satu produk Google yang dapat mengolah (menyimpan,membuat, meng-edit) program-program aplikasi perkantoran (seperti microsoft office jika diwindows) secara online, diantaranya program-programnya adalah pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation). Penggunakan fasilitas Google DOcs yang harus online / terkoneksi lewat internet merupakan kelemahan dari program ini, namun aplikasi ini banyak mempunyai kelebihan, misalnya jika kita berpergian keluar kota atau bahkan keluar negeri untuk tujuan seminar atau apa saja kita tidak akan bingung ketinggalan dokumen jika semua sudah disimpan di Google DOcs selain itu kita tidak akan kawatir dokumen akan hilang atau rusak seperti halnya jika kita menyimpan di harddisk yang sewaktu-waktu harddisk dapat rusak dan dokumen hilang.

Dropbox



Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data. Dropbox didirikan pada tahun 2007 oleh lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Drew Houston dan Arash Ferdowsi dengan modal awal yang didapat dari Y Combinator.
Dropbox menyediakan layanan baik gratis ataupun berbayar, masing-masing dengan keuntungan yang bervariasi. Pada tahun 2011 Dropbox juga meluncurkan "Dropbox for Teams”,sebuah layanan dari Dropbox yang dikhususkan untuk kelompok bisnis atau kelompok lainnya yang membutuhkan layanan untuk mengendalikan administrasi, tagihan yang terpusat, dan lain sebagainya. "Dropbox for Teams" tetap tersedia di situs web, namun harga yang ditawarkan berbeda dengan layanan Dropbox lainnya.

Google Drive


Google Drive memiliki fungsi layaknya Dropbox yaitu sinkronisasi data dari PC kita, jadi kita bisa membuat dan berbagi data dan dokumen di google drive tersebut. Selain itu kita juga bisa mengakses data file dari mana saja di rumah ataupun di kantor dengan terhubung dengan internet pastinya.

Keuntungan lainnya yaitu Google Drive telah terintegrasi dengan layanan google liannya diantaranya gmail, Gplus, google search dan lainnya.

Facebook

g1.jpg
Secara umum, penerapan cloud computing oleh pengguna Facebook dapat dikategorikan sebagai berikut :
- Cloud computing untuk berkomunikasi
Facebook memungkinkan penggunanya untuk tetap berhubungan dengan rekan kerjanya sepanjang hari. Facebook memungkinan kita untuk berkomunikasi, baik secara terbuka maupun secara privasi (private message), dengan divisi lain, serta memungkinkan kita untuk memantau komunikasi antar divisi dalam kantor kita.
- Cloud computing untuk organisasi
Kita dapat mengorganisir rekan kerja kita kedalam beberapa grup, sehingga akan mempermudah kita untuk melacaknya.
- Cloud computing untuk penyimpanan foto dan sejenisnya
Kita dapat posting foto, video, link dan lainnya ke dalam Facebook untuk dikomentari oleh orang lain pada waktu yang bersamaan. 
Skype
i1.jpg
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program gratis (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) dan video berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Manfaatnya : Melakukan panggilan, bertatap muka, mengirim pesan, dan berbagi dengan orang lain – di mana pun mereka berada.


Box

box
Layanan komputasi awan ini dapat diakses melalui box.com. Didalamnya terdapat sejumlah fitur yang dapat bermanfaat untuk digunakan para pebisnis, industri dan personal. Untuk digunakan dalam sektor bisnis, layanan ini menawarkan sejumlah fitur seperti Enterprise Security, Secure File sharing, Policy & Workflow Management, IT & Admin Controls, Online Colaboration dan tentunya File Synchronization. Sementara untuk digunakan para pelaku industri, Box memiliki beberapa fitur yang fleksible, menyesuaikan dengan  bidang perusahaan, baik itu sektor periklanan, rumah sakit, konstruksi, industri makanan, media, entertainment, pemerintahan dan retail.

Sedangkan untuk personal, layanan ini dapat diakses secara gratis dan memiliki beberapa fitur standar, seperti mobile access, file sync, dan online collaboration. Untuk menikmatinya, kita harus mendaftarkan akun melalui situs Box kemudian mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Dengan batas ukuran file 100 MB, aplikasi ini pun menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 25 GB yang dihargai $9.99.

Sumber Artikel :

Related Posts

Previous
Next Post »